Pagelaran Seni Ramphak Indatu Bumoe Jeumpa Ditutup PJ Bupati Bireuen





Bireuen | narasinasional.com - Pagelaran Seni Ramphak Indatu Bumoe Jeumpa, yang berlangsung dilapangan Pulo Kiton Kota Juang Kabupaten Bireuen ditutup oleh Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Selasa Mlam (22/11/2022).

Dalam acara penutupan tersebut ditampilkan berbagai kesenian aceh, diataranya, Seperti, Rapai Pulot Grimpheng, Tari Munajad, Seudati, Puisi Musik, Sukat Tujuh.


Kemudian Rebbani Wahed, Performing Music Etnic Art bersama Joel Pase and Friends serta penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba melukis “Meudiwana Bumoe Jeumpa dan Kompetisi Foto.

Malam penutupan rangkaian Pagelaran Seni Ramphak Indatu Bumoe Jeumpa yang digagas oleh Sanggar Rangkang Sastra, 


Pj Bupati Bireuen. Aulia Sofyan dalam inti sambutannya mengharapkan kegiatan ini bisa berlanjut setiap dua atau tiga bulan.

“Apalagi dalam dua tahun terakhir berbagai kegiatan banyak yang vakum akibat musibah Covid-19,” ujarnya.

“Untuk mengenal bagaimana budaya yang ada yang kita miliki di Aceh ini. itu sangat penting tentunya Pemerintah daerah akan mendukung dan memfasilitasi kegiatan seperti ini,” kata Pj Bupati Bireuen ini.


Sebelumnya, Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen, H.Mukhlis,S.H melaporkan, dengan semangat berkebudayaan dan berkesenian, Alhamdulillah, Pagelaran Seni Ramphak Indatu Bumoe Jeumpa yang telah dilaksanakan mulai 20 sampai 22 November 2022 telah selesai dilaksanakan.

Dikatakan Mukhlis,  semuanya patut berbangga,  kegiatan ini akhirnya berhasil diinisiasi oleh Rangkang Sastra dibawah binaan Dewan Kesenian Aceh (DKA) Bireuen.

“Rangkang Sastra telah membuktikan komitmen semangat Bumoe Jeumpa bergema di Provinsi Aceh,” ujarnya.
Dilaporkan, kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh.

Disampaikan, selama tiga hari seluruh kegiatan telah diatur secara maksimal dengan koordinasi penuh dengan Kapolres Bireuen, desa setempat dan dinas terkait.

DKA Bireuen terus mendukung seluruh kegiatan dalam pengembangan ekosistem kebudayaan Bireuen.
Dengan konsep keseluruhan, ikon Kabupaten Bireuen yakni Bungong Jeumpa. Dan Rangkang Sastra telah matang dalam segi pengembangan dan penguatan konsep kegiatan.


Berikut data juara lomba yang Kabar Bireuen peroleh dari panitia, kuara lomba melukis “Meudiwana Bumoe Jeumpa, juara I diraih Dhafa Aqil Shafiq (MTS Az Zanjabil), juara II M. Luthfy (MTS Az Zanjabil) dan juara III Nazarul Fahrezi (MTS Az Zanjabil).

Kemudian juara harapan I Auliana (SMPN 2 Bireuen), Harapan II, M. Riski Akbar (MTS Az Zanjabil) dan Harapan III M. Hafiz (MTS Az Zanjabil).

Selanjutnya Kompetisi Foto, Kategori Handphone.
Juara I @welanmuharila, juara Il @patra._rizki
dan Juara Ill @noviemutriya.
Kemudian kategori DSLR/Mirorrices, juara I @sudutphotography89, juara II@noor_frame
dan juara III @ndi_maulane_02.
(Faz)