Parah, Galaian C Batee Iliek Merusak Ekosistem Sungai, APH Harus Mengambil Langkah Tergas






Bireuen | narasinasional.com - Akibat maraknya galian C ilegal dikawasan Sungai Batee iliek Gampong cot merah Baroe Kecamatan Samalanga kabupaten Bireuen dikhawatirkan dapat merusak lingkungan dan ekosistem sungai.

Jika pemerintah daerah tidak segera  mengatasi galian C ini, mengakibatkan kerusakan lingkungan dan ekosistem sungai yang bisa meluas terutama dibataran sungai. 

Menjamurnya galian C ilegal dibeberapa titik dalam kawasan sungai tersebut, sangat berdampak buruk terhadap kerusakan lingkungan, mulai dari krisis air bersih, alih fungsi lahan yang tidak produktif serta dapat mengalami kekeringan air diseputaran lingkungan pada kawasan tersebut terhadap ketersediaan air untuk warga setempat.

 "Jika tidak segera ada tindakan, maka kerusakan lingkungan di kawasan ini akan semakin parah, kalau terus dibiarkan aktifitas galian c ilegal itu, besar kemungkinan akan terjadi banjir bandang dan erosi serta dikhawatirkan menengelamkan kecamatan setempat", jelas salah satu warga desa cot meurak Baroe yang enggan disebut namanya.


Pihak peremerintah dan juga penegak hukum diminta harus segara mungkin mengambil langkah tegas, untuk menghentinkan aktifitas galian c ilegal itu. 

"Kepada aparat penegak hukum untuk turun dan melakukan penindakan terhadap para pelaku galian C ilegal tersebut, sehingga kelestarian ekosistem di lingkungan dan sungai dapat terjaga dan terselamatkan.

Pantauan media ini dilokasi tersebut aktifitas galian c itu kian merusak ekosistem dibantaran sugai desa setempat kondisi sugai sudah menjadi lautan akibat galian c disepanjang sugai tersebut. (Is)