Peringati HGN, Cabdin Pendidikan Aceh Laksanakan Upacara di SMKN 1 Bireuen



Bireuen | narasinasional.com - Cabang Dinas Pendidikan Aceh Kabupaten Bireuen melaksanakan upacara memperinhati Hari Guru Nasional (HGN) dengan tema "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar" yang berlangsung dilapangan SMK Negeri 1 Bireuen, pada 25 November 2022.

Kegiatan upacara bendera ini Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan PhD bertindak sebagai Inspektur upacara.


Dalam  arahannya Pj Bupati Bireuen membacakan amanat Mentri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia pada peringatan Hari glGuru Nasional. 

Tiga tahun yang lalu kita melepaskan jangkar dan bentangkan layar kapal besar bernama merdeka belajar. Ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke sudah kita lewati,laut dengan ombak tinggi dan angin kencang sudah kita hadapi.

Ketangguhan ini didorong oleh kemauan kita untuk berubah meninggalkan kebiasaan kebiasaan lama, yang tidak lama lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman.


"Kali ini juga didorong oleh semangat kita untuk terus berinovasi menciptakan perubahan dan kebaruan membawa kita melompat kemasa depan, mungkin diantara kita sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan",jelas Aulia.

Dilanjutkanya, memang pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman, jika masih nyaman itu artinya kita tidak berubah. 

Sebenarnya bukan hanya guru didorong untuk berubah. Kami di kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi juga memaju diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja kami dalam memberikan layanan yang terbaik,bagi pendidik dan peserta didik.

"Plakfom merdeka mengajar yang kami luncurkan pada awal tahun ini, sebenarnya kami rancang untuk memenuhi kebutuhan guru akar ruang guru untuk belajar berkarya dan berkolaborasi", imbuhnya.


Sementara itu Kacabdin Pendidikan Aceh Kabupaten Bireuen menyampaikan, Selain melaksanakan upacara dalam memperingati hari guru Nasional, pihaknya juga memberikan bingkisan kepada guru yang berprestasi dan juga menyerahkan satu unit sepeda motor untuk pengawas sekolah terpencil Dra Darwani M.Pd yang bertugas di Kecamatan Makmur.

"Saya mengucapkan selamat kepada guru - guru kita, semoga para pendidik generasi bangsa terus bisa berinovasi dalam menjalankan kurikulum merdeka belajar", tutupnya. (FaZ)