Hut Ke 14 SMKN Gandapura, Gelar Halal Bihalal




Bireuen | Narasinasional.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Negeri  Gandapura menggelar Halal Bihalal dalam rangka memperingatan HUT ke- 14 tahun, pada Rabu (26/7/2023) yang berlangsung dihalaman sekolah.


Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan tarian kolosal persembahan dari sanggar tari siswa sekaligus parade 6 nama jurusan, selain itu juga dilakukan pameran hasil karya siswa sekolah tersebut.


SMKN 1 Gandapura semakin berkembang, ditandai dengan penambahan jurusan pada 2015, Teknik Pengelasan (T.LAS) dan Tata Busana (TBS) pada 2016. Sedangkan Teknik Komputer Jaringan (TKJ, sekarang Animasi), beriringan dengan jurusan Teknik Kenderaan Ringan Otomotif (TKRO) dan 2023 bertambah lagi jurusan AGT.


Kepala Sekolah M Yusuf mengatakan, Jumlah siswa tahun ajaran 2023/2024 mencapai lebih 500 siswa lebih dengan 86 Guru dan Tendik, menjadikan SMKN 1 Gandapura sebagai satu satunya sekolah kejuruan di Gandapura dan sudah diperhitungkan ditingkat kabupaten dan provinsi dengan sejumlah prestasi siswa pada aneka lomba yang di asuh oleh guru guru kejuruan dan seni yang berkompeten.


Tambahnya, sebagai kepala sekolah pertama yang menjabat selama 5 tahun, tentu butuh perjuangan berat bersama tokoh Gandapura saat awal membangun gedung sekolah, bantuan dari pemerintah pusat.


"Disaat mula melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung SMK ini dulu, butuh perjuangan dan lobi dengan tokoh masyarakat dan pemerintah, masyarakat menghibah tanah dan pemerintah mengucurkan dana," ujar M.Yusuf




Lanjutnya, sebagai Ketua MKKS SMK Kabupaten Bireuen ini juga menekankan, kegiatan halal bi halal ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT SMKN 1 Gandapura ke-14 tahun 2023 ini atas prakarsa dewan guru dan alumni baik didalam daerah maupun berada di Pulau Jawa bahkan luar negeri Jepang.



"Kami berharap, kepada para alumni, baik didalam maupun sedang berada diluar daerah dan negeri, untuk tidak melupakan sekolah dan almamater. Ayo berikan ilmu, dan tempat bagi adik-adik untuk pelatihan kerja dan magang," pinta M Yusuf, dilanjutkan dengan santunan anak yatim warga setempat.


"Pak Ismail Adam bersama sejumlah tokoh Gandapura lainnya sangat berjasa terhadap berdirinya SMK ini. Kita berharap sebagai Komite Sekolah sampai sekarang, beliau terus bersama kita membawa SMK ini yang sudah berusia 14 tahun menjadi sekolah maju dan bermanfaat bagi masyarakat," terang M Yusuf.


Sebagi Kepala MKKS SMK Kabupaten Bireuen ini juga menekankan, kegiatan halal bi halal ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT SMKN 1 Gandapura ke-14 tahun 2023 ini atas prakarsa dewan guru dan alumni baik didalam daerah maupun berada di Pulau Jawa bahkan luar negeri Jepang.


"Kami berharap, kepada para alumni, baik didalam maupun sedang berada diluar daerah dan negeri, untuk tidak melupakan sekolah dan almamater. Ayo berikan ilmu, dan tempat bagi adik-adik untuk pelatihan kerja dan magang," pinta M Yusuf, dilanjutkan dengan santunan anak yatim warga setempat.


Sementara itu, Kacabdin Disdik Provinsi Aceh Wilayah Bireuen, Abdul Hamid, dalam sambutannya, pihaknya salut pada perkembangan SMKN 1 Gandapura, terkait kompetensi anak-anak SMK sekabupaten Bireuen dan Aceh sudah masuk level nasional, dalam 3 tahun ini Aceh menduduki rangking 10 besar,  yakni peringkat 5 nasional alumni SMK masuk ke perguruan tinggi.


"Pendidikan Aceh saat ini sudah semakin membaik. Dibalik itu, kita jangan eforia dulu atas capaian ini. Kita teruskan untuk membaktikan diri membangun mutu pendidikan Aceh dan Bireuen khususnya untuk semakin berkembang dan maju, harap Abdul Hamid.


Kegiatan ini juga dihadiri Komite Sekolah Ismail Adam, yang juga anggota DPRK Bireuen, Camat Gandapura, Kacabdin Bireuen, para kepala sekolah SMK, dan SMA, dan juga para tokoh masyarakat. (Faz)