Didampingi HRD, Mendes PDTT Temui Ribuan Pedamping Desa di Bireuen




Bireuen | narasinasional.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar hadir ke Bireuen yang juga Anggota DPR RI Komisi V, H Ruslan M Daud serta didampingi Pj Bupati Bireuen serta Forkompimda Bireuen dalam rangka pertemuan dengan Para Tenaga Pendamping Profesional (TPP) sejumlah seribuan orang mulai dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Provinsi, Kabupaten, Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD).


Kegiatan ini berlangsung di Gedung Hj Fauziah Convention Hall Cot Gapu, Kota Juang, Bireuen, Jumat (4/8/2023) yang dihadiri ratusan Pendamping Desa dari beberapa delapan Kabupaten/Kota di Aceh.


Mendes PDTT dalam sambutannya  menyampaikan, Pendamping Desa (PD) bukan melakukan pendampingan kepala desa, tetapi kewajibannya memberdayakan masyarakat desa dan peningkatan sumber daya desa.


Dikatakannya, pihaknya dari Kementerian Desa selalu berupaya yang terbaik untuk desa dan para pendamping, yaitu mengenai kesejahteraan pendamping desa, baik gaji, dana operasional dan BPJS sudah diupayakan, termasuk kerja sama dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan, dan klaim dana kecelakaan, dana kematian seperti yang akan kita serahkan secara simbolis kepada keluarga dari salah satu TPP yang telah meninggal dunia sebesar 43 juta lebih.


"Kami juga salut atas solidaritas TPP Aceh, dalam menggalang dana suka rela terhadap temannya yang tertimpa musibah, yang terkumpul belasan bahkan puluhan juta. Ini membuktikan bahwa TPP adalah satu skuadron dan ibarat tubuh yang satu," jelasnya Gus Menteri. (Faz)