Karnaval Adat Budaya Di Peusangan Berlangsung Dengan Meriah



Bireuen - Peserta karnaval adat budaya dalam rangka kemeriahkan dirgahayu Republik Indonesia ke 78 Tahun diikuti  pelajar dari seluruh Sekolah dalam Kecamatan Peusangan, Bireuen, pada Kamis (17/08/2023), mulai dari Sekolah Dasar hingga Menengah Atas atau sederajat.


Pelepasan karnaval dilakukan oleh Camat Peusangan, Ibrahim,S.Sos didampingi Danramil Peusangan,Kapolsek Peusangan dan Ketua Panitia Pelaksana di lapangan Blang Asan Peusangan. Acara ikut dimeriahkan Marching Band SMP Negeri 1 Bireuen.





Azwani, S.Pd selaku Ketua Panitia, untuk kemeriahan karnaval ini diikuti sebanyak 31 sekolah dari SD hingga SMA, diantaranya SD/MI 21 sekolah, SMP/MTS 4 sekolah, SMA/MA/SMK 6 sekolah.


"Kegiatan ini diawali jam 2.30, dengan para peserta karnaval dimulai star di lapangan Blang Asan selanjutnya finish Desa Matang Sagoe, "ujarnya.


Lanjutnya, selain kegiatan karnaval perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia, sebelumnya juga disemarakkan dengan perlombaan tarik tambang antar SD, SMP, SMA dan SMK.



"Lomba Balap Karung diikuti oleh Keuchik, Sekdes dan Puskesmas. Kemudian Lomba Rapa'i diikuti oleh antar Desa (Gampong) serta Pertandingan Bola Kaki antar Mukim se-Kecamatan Peusangan, "imbuhnya. 


Untuk selanjutnya, pada malam sabtu dan malam minggu dilaksanakan kegiatan rapai antar desa dan juga tari kreasi antar sekolah, dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah. 


"Terlaksana kegiatan ini tentunya atas kerjasama dan partisipasi dari para dewan guru, kepala sekolah, para keuchik, dan forkompimcam kecamatan peusangan, "tutupnya. (Faz)