Muhammad Amin Menangkan Pilchuksung Gampong Pante Sikumbong Gandapura



Bireuen | narasinasional.com - Pemilihan Keuchik Gampong Pante Sikumbong Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen berlangsung sangat dramatis yang di ikuti hanya dua kandidat kuat incumbent melawan tokoh pemuda setempat.


Pemilihan langsung yang dilaksanakan dihalaman meunasah desa setempat, diikuti sebanyak 210 DPT dari 3 (tiga)  duson, duson Cot Sinik, duson Cot Rik dan duson Lhok Ceubrek, dari total 239 DPT yang tidak hadir 29 orang.


Adapun Calon nomor urut (1) Sabri merupakan calon Petahana dan (2) Muhammad Amin yang turut hadir disaat jalannya proses pemilihan berlangsung aman dan tertib.





Setelah Pilchiksung yang di selenggarakan oleh Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) tersebut, akhirnya nomor urut (1) Muhammad Amin memenangi Pilkades dengan peroleh 115 suara, sementara rivalnya nomor urut (2) Sabri dengan 94 suara, suara sah 209, tidak sah 1 suara dan total suara sebanyak 210 suara yang berhasil dipungut oleh P2K dari warga Pante Sikumbong yang telah berhak memilih.


Dengan kemenangan tersebut Muhammad Amin yang akrab disapa Nyak Min oleh warga setempat berhak menyandang sebagai Keuchik Terpilih Gampong Pante Sikumbong untuk periode 2023-2029.


Hal itu dikatakan Ketua P2K Gampong Pante Sikumbong Fauzan saat dikonfirmasi media ini Selasa (29/8/2023) yang turut memantau jalannya pemilihan dan penghitungan suara, sejak 09.00 WIB pagi hingga 14.45 WIB sore.





"Nomor urut (1) Muhammad Amin akan kami tetapkan sebagai Keuchik Gampong Pante Sikumbong Terpilih untuk periode 2023-2029. Terkait pelantikan, berkas pengumuman SK kami akan kirimkan ke kecamatan untuk diteruskan ke kabupaten, yang menunggu berakhirnya masa keuchik sebelumnya Sabri," terangnya.


"Alhamdulillah Pilkades berjalan aman dan lancar. Terima kasih kepada semua pihak, baik Muspika, Perangkat dan lembaga Gampong serta segenap elemen masyarakat yang turut berpartisipasi atas terlaksananya Pilchiksung dengan tertib, aman dan lancar,"tambah Ketua P2K Fauzan.


Sementara itu pada kesempatan yang sama, Keuchik Terpilih Muhammad Amin saat diwawancarai media ini, menyebutkan dirinya siap merealisasikan visi dan misinya sebagai Keuchik Gampong Pante Sikumbong.


"Alhamdulillah, saya telah dipercayakan oleh masyarakat Pante Sikumbong dan terpilih sebagai keuchik. Insya Allah saya akan merealisasikan janji saya untuk membangun gampong Sikumbong bersama sama perangkat, lembaga Tuha Peut dan masyarakat," ungkapnya.


"Saya juga akan merangkul rival dalam Pilkades yakni Keuchik Sabri dalam menjalankan roda pemerintahan gampong nantinya," imbuh Amin.


Pada kesempatan yang sama, Camat Gandapura Azmi, S Ag saat menutup seremonial Pilkades mengatakan, agar Keuchik Terpilih untuk dapat merangkul pihak yang kalah dan menyatukan masyarakat Pante Sikumbong.


"Selamat kepada Keuchik Terpilih saudara Muhammad Amin, rangkullah pihak yang kalah apalagi Keuchik incumbent dan jadikan rekan kerja bersama perangkat gampong dan lembaga Tuha Peut serta masyarakat untuk membangun gampong agar lebih maju kedepan," pinta Camat Azmi.


Turut hadir Camat Gandapura Azmi, S.Ag Danramil Gandapura diwakili Babinsa, Kapolsek Ipda M Rijal, SH, MH, diwakili Kanit dan Bhabinkamtibmas, Sekcam, Staf Kasi Pemerintah Kecamatan Gandapura serta Perangkat Desa dan masyarakat gampong Pante Sikumbong. (Faz)