Prof.Abdullah Puteh di Seminar Gagasan Politik di Fisip USK




BANDA ACEH - Bertempat di AAC Rom Universitas Syiah Kuala pada Minggu 27 Agustis.2023, telah diseleggarakan seminar bertemakan "Politik Gagasa dari Aceh Untuk Indonesia," dengan pembicara utama Prof.DR.Ir.H Abdullah Puteh, M.Si.


Nara sumber utama pada kegiatan itu adalah Prof.Abdullah Puteh dan juga ikut dihadiri oleh pembantu rektor III, dan juga dekan  Fakultas Fisip USK serta sejumlah mahasiswa dan civitas akademika lainnya.


Menurut Prof.Puteh, gagasan politik Aceh untuk indonwsia bukan lagi sesuatu yang baru.


Karena telah berulang kali gagasan politik drari Aceh telah tercatat menjadi sejarah yang memperkuat semangat kebangsaan yang sungguh fenomenal.


Antarà lain Aceh Devolopment  Bord (ADB) dan Majlis Ulama Indonwsia (MUI) adalah prakasa yang datang dar Aceh, kemudian jadi model di Indonwsia.


Dan yg terakhir Undang-undang  Pemerintaha Aceh (UUPA) yang berawal dari peristiwa Perdamaian Antara Negara Kesatuan Republik Indonesia & Gerakan Aceh Merdeka di Helsinki, Finlandia, telah membuat beberapa pengecualian atau otonomi.


Ini telah menjadi hal Khusus untuk kemajuan dan perobahan bagi peningkatan dan pemberdayaan daerah atau provinsi.


Bukah hanya berdampak pada pendapatan daerah yang lebih tinggi, tapi telah memperkaya sistim politik Indonesia dengan adanya sisttim Partai Lokal.


Oleh karena itu bagi Aceh hari ini demikian Prof. Abdullah Puteh adalah tindakan-tindakan politik dan implementasi sistim politik tersebut yang harus dapat dilaksanakan oleh stakeholder Aceh, agar segera hadirnya kesejahteraan bagi rakyat.


Adalah ironi ketika Aceh mendapat dana otsus yang begitu besar sejak 2008, ternyata hari ini Aceh tercatat sebagai provinsi termiskin di Sumatra.


Ini berarti ada somethink wrong ditingkat managerial skill di pemerintah daerah.


"Ditataran inilah pemerintah bersama rakyat Aceh diperlukan menemukan gagasan dan tindakan politik untuk menuntaskan kemiskin dan pengangguran di Aceh yang sungguh menyedihkan, "jelas Bang Lah. (**)