HRD Tinjau Bendungan Irigasi Seuke Puloet, Penyeban Banjir di Pante Karya



Bireuen | narasinasional.com - Anggota DPR RI H Ruslan M Daud (HRD) Fraksi PKB meninjau bendungan irigasi Seuke Puloet di Desa Pante Karya Kecamatan Peusangan Siblang Krueng Kabupaten Bireuen, pada Rabu 11 Oktober 2023.


Dalam kegiatan ini juga turut didampingi Direktur Rumah Susun Kementerian PUPR, Aswin Grandiarto Sukahar, dan Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Sumatera I, Faisal Riza.


Diketahui saat ini warga yang terdampak banjir masih membersihkan rumah dari lumpur luapan banjir sungai telah mengakibatkan sejumlah rumah dan bangunan lainnya rusak, selain itu juga harta benda milik warga yang hanyut disapu banjir. 


Keuchik Desa Pante Karya Hasdairin, menyampaikan ada 53 KK yang menjadi korban banjir, dia berharap kerusakan rumah warga dapat diperbaiki dan penangan oleh Pemkab Bireuen, dan juga dilakukan normalisasi alira sungai.


Anggota Komisi V DPR-RI dari Fraksi PKB, Ruslan M Daud, melakukan peninjauan langsung ke bendungan seuke pulot yang kerusakan akibat banjir.


Dalam tinjauannya ini HRD menyampaikan pihaknya akan melihat tupoksi, apakah bisa dikerjakan oleh provinsi atau kabupaten, ataupun Pusat.


"Masyarakat menginginkan agar tanggul ini nantinya ditinggikan 2 meter lagi, sehingga masyarakat tidak was-was lagi terjadi banjir saat hujan deras, dan aliran sungan nantipun lancar, "ujarnya.


Menurut HRD, setelah melihat kondisi di yang terjadi dilapangan pihaknya akan melaporkan dan juga di diskusikan dengan stakeholder terkait sesuai guna untuk mencegah agar tidak terjadi lagi banjir dikawasan ini. (Faz)