Ketua TP PKK Aceh Kunjugan Ke Gampong Abeuk Budi Juli



Bireuen | narasinasional.com - Gampong Abeuk Budi, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, menjadi kunjungan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Aceh, Ayu Marzuki, pada Senin (25/9/2023).


Diketahui Gampong Abeuk Budi ini juga merupakan Desa Lokus Stunting, sehingga menjadi prioritas untuk penurunan stunting.


Dalam Kunjungan ini, istri Pj Gubernur Aceh ini dalam rangka pembinaan serta monitoring Gampong Mawaddah Warahmah.


Selain itu juga dilaksanakan pelayanan Pos Posyandu, bakti sosial pelayanan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan Aceh, juga dihadirkan pelayanan pemeriksaan gigi, dan THT.



Pj Ketua PKK Aceh, Ayu Marzuki menyampaikan, stunting saat ini masih menjadi isu nasional, bagaimana untuk menekan itu, masalah stunting di Bireuen terendah di Aceh, dan ini tentunya menjadi prioritas bagi semua untuk dilakukan penekanan angkat untuk penurunan stunting ini.


"Di Bireuen selain stunting, saat ini angka capaian imunisasi masih sangat rendah, yaitu peringkat kedua terakhir dengan capaian 7,9 persen, ini angka terendah dibawah, "imbuhnya.


Lanjutnya, dengan rendahnya capaian ini, sehingga ia meminta dinas kesehatan dan TP-PKK supaya gencar melakukan promosi kesehatan ke sekolah dan para orang tua lewat PKK.


Dalam kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Munawar, Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir Cut Huzaimah, Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, dan Pj Ketua TP-PKK Bireuen Dr dr Nova Dian Lestari dan juga para Kadis dilingkungan Pemkab Bireuen, dan Camat Juli serta tokoh masyarakat.


Selain itu juga menyerahkan telur bantuan dari Dinas Peternakan Aceh untuk anak stunting, dan juga bantuan Saprodi pengembangan cabai merah bantuan Dinas Pertaniaan dan Perkebunan Aceh, seluas 2 hektare. 


Selanjutnya Pj TP PKK Aceh melakukan penanaman cabai perdana, dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. (Faz)