Camat Kutablang Lantik Rahmat Hidayatullah Sebagai Keuchik Gampong Buket Dalam




Bireuen | Narasinasional.com - Rahmat Hidayatullah, S.Pd, resmi dilantik menjadi Keuchik Gampong Buket Dalam, Kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen, Pada Minggu (17/12/2023).


Camat Kuta Blang Salamuddin S.Pd atas nama Pj Bupati Bireuen Dr Aulia Sofyan, Ph.D mengambil sumpah jabatan dan melantik Keuchik Terpilih Gampong Buket Dalam yang berlangsung di halaman Meunasah Gampong setempat.


Kegiatan ini turut dihadiri mantan Keuchik Buket Dalam Amiruddin, S.Kom, unsur Muspika Kuta Blang, Kepala KUA, Kapospolsubsektor Kuta Blang Ipda Jusman, Danposramil Kapten Inf Arjuna, Imum Mukim Tgk Chik Umar, Ketua Asosiasi Keuchik (APDESI) Kecamatan Kuta Blang, Perangkat dan Lembaga Gampong Buket Dalam serta para tamu undangan lainnya yang diakhiri dengan santunan anak yatim, tausiah, doa dan makan kenduri bersama.


Sebelumnya Camat Kuta Blang Salamuddin, S.Pd dalam kata sambutan dan arahannya usai pelantikan, mengatakan, kepada keuchik yang baru saja dilantik selama enam tahun ke depan untuk menjalankan roda pemerintahan gampong dan mengakomodir aspirasi masyarakat, lebih mementingkan kepentingan umum dari pada kepentingan kelompok atau pribadi.


"Selama enam tahun kedepan, terhitung hari ini Keuchik Rahmat Hidayatullah, S.Pd sudah dapat mulai bekerja menjalankan tupoksi sebagai pimpinan gampong. Akomodir kebutuhan masyarakat, sejahterakan warga dengan mengembangkan atau tingkatkan perekonomian gampong dengan membangun unit-unit usaha dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes/ BUMG)," ujarnya.


Lanjut camat, peran keuchik sebagai top leader gampong dalam mengayomi masyarakat, membangun gampong dengan azas musyawarah sesuai regulasi aturan pemerintah.


"Ayomi masyarakat, kedepankan azas musyawarah untuk mencapai mufakat, dengan pengelolaan keuangan gampong yang baik, transparan dan akuntabel serta  pengambilan kebijakan-kebijakan yang berpihak pada masyarakat umum," harap Salamuddin.


"Jalin koordinasi dan komunikasi yang intern dengan Tuha Peut, berdayakan lembaga Tuha Lapan, PKK, dan Karang Taruna atau Kepemudaan, agar terciptanya keharmonisan dalam pemerintahan gampong, guna menghindari konflik internal dan lainnya yang dapat merusak tatanan kehidupan bermasyarakat," tegas Camat Kuta Blang yang dilanjutkan dengan Pengukuhan Bunda PAUD Gampong Buket Dalam Poppy Yusmardiah, S.Pd oleh Bunda PAUD Kecamatan Kuta Blang.


Keuchik Buket Dalam, Rahmat Hidayatullah, S.Pd, usai pelantikan, menyampaikan ungkapan terima kasih semua pihak, unsur Muspika dan segenap elemen masyarakat yang telah mempercayai dirinya menjadi pemimpin untuk 6 tahun kedepan menggantikan Keuchik Amiruddin yang telah berakhir masa jabatan periode 2017-2023.


"Alhamdulillah, mulai hari ini saya telah dilantik dan telah diberi amanah untuk memimpin gampong Buket Dalam selama 6 tahun kedepan. Saya akan merangkul semua elemen masyarakat dalam membangun gampong, bantu saya dan kami perangkat desa dan lembaga gampong dalam menjalankan roda pemerintah gampong demi mewujudkan gampong yang maju dan mandiri kedepannya, "pungkas Keuchik Rahmat. (Faz)