KIP Bireuen Laksankan Simulasi Pencoblosan dan Pemungutan Suara



Bireuen | narasinasional.com - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen melaksanakan kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, yang berlangsung di halaman kantor  setempat, pada Selasa, (30/1/2024).


Kegiatan ini melibat seratusan peserta sebagai pemilih simulasi, baik dari warga sekitar kantor KIP, PPK, dan juga PPS dalam wilayah Kecamatan Peusangan serta juga dari unsur jurnalis liputan Bireuen.


Selain itu dalam kegiatan ini juga dihadiri, dan juga simulasi pencoblosan langsung oleh Bupati Bireuen Aulia Sofyan, Ph.D, yang diwakili Asisten 1 Sekdakab Bireuen Mulyadi, SH, Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, Ketua Bawaslu Bireuen, Komisioner KIP Bireuen, yang dipantau langsung oleh Dandim 011 dan Kapolres Bireuen.


Sementara iti Ketua KIP Bireuen, Saiful Hadi, SE., MM melalui Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, mengatakan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini merupakan yang kedua kali dilaksanakan KIP Kabupaten Bireuen.


"Kegiatan simulasi ini kita laksanakan sesuai dengan instruksi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, dengan tujuan untuk pemantapan bagi masyarakat agar dapat mengetahui tentang tata cara ataupun mekanisme proses pemungutan suara pada Tanggal 14 Februari nanti, "ujarnya.


Lanjutnya, pemilu serentak Tahun 2024 ini yang akan diselenggarakan pada 14 Februari nanti, akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPD, DPR Aceh dan DPR Kabupaten/Kota.


"Hingga saat ini dan seterusnya Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Bireuen terus melakukan berbagai sosialisasi kepada masyarakat, baik itu sosialisasi tata cara pemilihan maupun mekanisme lainnya, "jelasnya. (Faz)