Sebanyak 421 Calon Jamaah Haji Bireuen Ikuti Manasik Haji





Bireuen | Narasinasional.com - Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, Ph.D diwakili oleh Kepala Dinas Syariah Islam Kabupaten Bireuen, Dr. Jufliwan, SH.,MH secara resmi menutup pelaksanaan kegiatan Manasik Haji Kabupaten Bireuen di Masjid Agung Sulthan Jeumpa Bireuen, Senin (6/5/2024).


Penutupan ini menandakan berakhirnya rangkaian bimbingan manasik haji yang telah dilaksanakan di tingkat kecamatan dan kabupaten oleh Kementerian Agama setempat untuk membekali jemaah haji dengan ilmu dan pengetahuan yang diperlukan dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci.


Dalam sambutannya Jufliwan menyampaikan bahwa manasik haji sangat penting bagi jemaah haji karena memberikan pemahaman yang matang tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam. Hal ini penting mengingat perbedaan kondisi alam dan budaya di Arab Saudi dengan di Indonesia.


Beliau juga mengingatkan jemaah haji untuk mempersiapkan diri dengan baik secara fisik dan mental untuk menghadapi perjalanan haji yang panjang dan penuh dengan tantangan. Beliau juga meminta jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan mengikuti arahan dari petugas selama di tanah suci.


Atas nama Pemerintah Kabupaten Bireuen, Dr. Jufliwan mendoakan agar jemaah haji dari Bireuen dapat melaksanakan ibadah haji dengan mabrur dan kembali ke tanah air dengan selamat. Beliau juga berharap agar jemaah haji dapat menjadi teladan bagi masyarakat setelah kembali dari tanah suci.


Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Bireuen, H. Akly, S.Ag., M.H. menambahkan bahwa manasik haji merupakan kewajiban Kemenag dan sangat penting bagi jemaah haji untuk memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benar. Beliau juga mengingatkan jemaah haji untuk menjaga nama baik Kabupaten Bireuen dan Indonesia selama di tanah suci.


Jumlah Jemaah Haji dan Jadwal Keberangkatan

Tahun ini, Kabupaten Bireuen memberangkatkan 421 jemaah haji ke Makkah, Arab Saudi dalam dua kelompok terbang (kloter). 


Kloter 2 BTJ Jumlah 384 orang (satu jemaah tunda berangkat karena sakit) Masuk Asrama 29 Mei 2024 pukul 19:00 WIB Berangkat 30 Mei 2024 pukul 18:50 WIB Kloter 9 BTJ,Jumlah 36 orang (gabung dengan jemaah dari daerah lain)Masuk Asrama: 6 Juni 2024 pukul 08:00 WIB Berangkat 7 Juni 2024 pukul 03:35 WIB


Jemaah haji yang termuda Muhammad Farhan Nauval (22 tahun) dari Desa Matang Sagoe, Kecamatan Peusangan,Jemaah tertua Tihasanah Usman (95 tahun) dari Desa Ulee Blang, Kecamatan Jeunieb.


Kegiatan penutupan manasik haji ini diakhiri dengan peusijuk (tepung tawar) oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Bireuen, Tgk Nazaruddin, dan Imum Syiek Masjid Agung Sulthan Jeumpa, Tgk Saifuddin. (Faz)